RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XI
(Sebelas) / IPA
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan aturan
statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Membaca
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.
Indikator : 1. Memahami
cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
2. Menentukan
data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua,
kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama,
kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan
antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
Alokasi Waktu : 2 x
45’ (1 Pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat memahami cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
Ø Peserta didik dapat menentukan data
terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil
ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum,
median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil,
jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk
data tunggal.
B. Materi
Ajar
Ø Pengertian dasar statistika:
·
data (jenis-jenis data, ukuran
data).
·
statistika
dan statistik.
·
populasi
dan sampel.
·
data
tunggal (pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, data terbesar,
terkecil, dan median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga),
statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median,
kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil dan rataan tiga, desil,
jangkauan, jangkauan antar-kuartil, jangkauan semi antar-kuartil).
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,
diskusi.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
|
·
Mengetahui
data terbesar, terkecil,
median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik
lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan
jangkauan semi antar-kuartil untuk data
tunggal.
|
·
Siswa
dapat Menentukan data
terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil
ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil
pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan,
jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
|
D.
Langkah – Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Pendahuluan :
Mengucap salam
Memimpin doa
Melakukan pesensi
Apersepsi : menjelaskan sekilas tentang pengertian dasar statistika
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan
baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara memperoleh data,
menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data
untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil,
median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik
lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan
jangkauan semi antar-kuartil untuk data
tunggal.
|
Menjawab salam
Berdoa bersama
Menjawab
Memperhatikan
Memperhatikan
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
· Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh
materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb)
mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan
data terbesar, terkecil, median, kuartil statistik lima serangkai (statistik
minimum, statistik maksimum, median,
kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil,
jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk
data tunggal,
· kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih,
mengenai pengertian dasar statistika, (penanganan awal data tunggal:
pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, serta pencarian data
terbesar, data terkecil, median, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil
ketiga, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan
antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil).
Elaborasi
·
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan,
dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar,
terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga),
statistik lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan
jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
·
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket, mengenai pencarian median dari data tunggal, mengenai penentuan kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga
dari data tunggal, penentuan rataan kuartil dan rataan tiga dari data
tunggal, mengenai penentuan desil untuk data tunggal, mengenai penentuan
jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi
antar-kuartil untuk data tunggal.
· Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif
(data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data
kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan
antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan
kuartil) untuk data tunggal, dari “Aktivitas Kelas“ .
· Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas”.
· Peserta didik mengerjakan beberapa soal
latihan sebagai tugas individu.
Konfirmasi
v
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
v
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Memperhatikan dan
Diskusi dengan teman
Mempresentasikan hasil
diskusi
Membahas soal
Mengerjakan soal
Memperhatikan
Mengerjakan soal
Menyimpulkan
|
60’
|
3
|
Kegiatan akhir / Penutup
v Guru meminta kepada siswa untuk merangkum materi
yang baru di pelajari.
v Guru menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari.
v Guru memberikan tugas
untuk di kerjakan di rumah.
Refleksi :
1.
Bertanya mengenai kekurangan
pembelajaran hari ini
2.
Bertanya adakah saran dan
kritik untuk pembelajaran hari ini.
Tindak lanjut
Meminta siswa untuk mempelajri materi selanjutnya
Salam penutup
|
Menyimpulkan
Mencatat tugas rumah
Menjawab
Memberikan kritik dan
saran
Memperhatikan
Menjawab salam
|
20’
|
A. Alat dan Sumber Belajar
v Alat :
Laptop, LCD, OHP
v Sumber :
·
buku paket ( buku matematika
SMA dan MA ESSIS kelas XII semester ganjil 3A program IPA.
·
Karangan: Sri Kurnianingsih.
·
Buku paket refrensi lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar