Jumat, 02 November 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                               
                                             Nama Sekolah          :     .................................
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Program        :    XI (Sebelas) / IPA
                                             Semester                   :     Ganjil

Standar Kompetensi                :  1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar                    :  1.1.   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.

Indikator                                   :  1.      Memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
      2.      Menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
                                                     

Alokasi Waktu                          :  2 x 45’ (1 Pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran
Ø  Peserta didik dapat memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
Ø  Peserta didik dapat menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
B.     Materi Ajar
Ø  Pengertian dasar statistika:
·         data (jenis-jenis data, ukuran data).
·         statistika dan statistik.
·         populasi dan sampel.
·         data tunggal (pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, data terbesar, terkecil, dan median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil dan rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, jangkauan semi antar-kuartil).
C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
·        Mengetahui data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
·     Siswa dapat Menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.

D.           Langkah – Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan : 
Mengucap salam
Memimpin doa
Melakukan pesensi
Apersepsi : menjelaskan sekilas tentang pengertian dasar statistika
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.


Menjawab salam
Berdoa bersama
Menjawab
Memperhatikan

Memperhatikan
10’



2



Kegiatan  Inti : 
Eksplorasi
·      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal,
·      kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, mengenai pengertian dasar statistika, (penanganan awal data tunggal: pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, serta pencarian data terbesar, data terkecil, median, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil).
Elaborasi
·      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
·      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket, mengenai pencarian median dari data tunggal, mengenai penentuan kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga dari data tunggal, penentuan rataan kuartil dan rataan tiga dari data tunggal, mengenai penentuan desil untuk data tunggal, mengenai penentuan jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
·      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif (data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan kuartil) untuk data tunggal, dari “Aktivitas Kelas“ .
·      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas”.
·      Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan sebagai tugas individu.
Konfirmasi
v Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
v Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.





Memperhatikan dan















Diskusi dengan teman














Mempresentasikan hasil diskusi











Membahas soal








Mengerjakan soal







Memperhatikan


Mengerjakan soal




Menyimpulkan
60’
3






Kegiatan akhir / Penutup
v Guru meminta kepada siswa untuk merangkum materi yang baru di pelajari.
v Guru menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
v Guru memberikan tugas untuk di kerjakan di rumah.
Refleksi :
1.    Bertanya mengenai kekurangan pembelajaran hari ini
2.    Bertanya adakah saran dan kritik untuk pembelajaran hari ini.
Tindak lanjut
Meminta siswa untuk mempelajri materi selanjutnya
Salam penutup



Menyimpulkan

Mencatat tugas rumah




Menjawab
Memberikan kritik dan saran


Memperhatikan
Menjawab salam
20’

A.    Alat dan Sumber Belajar
v  Alat :
Laptop, LCD, OHP
v  Sumber :
·   buku paket ( buku matematika SMA dan MA ESSIS kelas XII semester ganjil 3A program IPA.
·   Karangan: Sri Kurnianingsih.
·   Buku paket refrensi lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar