Minggu, 28 Oktober 2012

rpp tugas pak dwi LPM




         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : GEOMETRI
                                                           6.    Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar                     : 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.         


v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
        
B.      Materi Ajar
         Segitiga dan Segi Empat:
               -        Menemukan jenis-jenis segitiga.
         -     Menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama     
         Pendahuluan       :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2. mengenai mengenal sudut, mengenai menemukan jenis-jenis segitiga dan mengenai menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga).        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai satuan sudut yang sering digunakan, cara mengukur besar sudut dan menggambar sudut dengan menggunakan busur derajat, mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.       
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menentukan besar sudut-sudut dalam segitiga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai pengukuran sudut-sudut serta panjang sisi segitiga, mengenai penentuan besar jumlah sudut dalam segitiga, mengenai penentuan besar jumlah sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan soal  dalam buku paket.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ mengenai jenis-jenis segitiga dan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang penerapan oprasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.

E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2.
-        Buku referensi lain.

Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP
               F.      Penilaian Hasil Belajar            
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
·   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Tes tertulis
Uraian
·   Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisinya dan beri contoh masing-masing derngan gambar
·    Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dan beri contoh masing-masing derngan gambar.
                                      
                                   
                                    
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar