RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
(Tujuh)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
GEOMETRI
6.
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Segitiga
dan Segi Empat:
- Menemukan jenis-jenis segitiga.
- Menggunakan
hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan
sisi-sisinya dan besar sudutnya, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 2. mengenai mengenal sudut, mengenai menemukan jenis-jenis
segitiga dan mengenai menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar
segitiga).
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai satuan sudut yang sering digunakan,
cara mengukur besar sudut dan menggambar sudut dengan menggunakan busur
derajat, mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar
sudutnya.
F Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai cara menentukan besar
sudut-sudut dalam segitiga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal
dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai pengukuran sudut-sudut serta
panjang sisi segitiga, mengenai penentuan besar jumlah sudut dalam segitiga,
mengenai penentuan besar jumlah sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F Peserta didik mengerjakan
soal dalam buku paket.
F Peserta didik mengerjakan beberapa
soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ mengenai jenis-jenis segitiga
dan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
F Peserta didik diingatkan untuk mempelajari
materi berikutnya, yaitu tentang penerapan oprasi aljabar dalam kegiatan
ekonomi.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 2.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menjelaskan jenis-jenis
segitiga berdasarkan sisi-sisinya
·
Menjelaskan jenis-jenis
segitiga berdasarkan besar sudutnya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Jelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisinya dan beri contoh masing-masing derngan gambar
·
Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan
sudutnya dan beri contoh masing-masing derngan gambar.
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar